POSKOTA.CO.ID - Persiapan menghadapi Ujian Kompetensi PPG Dalam Jabatan tahun 2025 semakin penting, khususnya bagi Bapak atau Ibu Guru yang mengikuti seleksi UP UMPPG 2025.
Untuk membantu proses belajar, berikut ini adalah latihan soal Ujian PPG 2025 lengkap dengan kunci jawabannya.
Soal-soal ini dirancang berdasarkan pendekatan aktual seperti Teaching at the Right Level (TaRL) yang relevan dengan praktik pembelajaran di kelas.
Dengan mempelajari contoh soal ini, guru dapat memahami pendekatan pedagogis yang diharapkan dalam ujian serta meningkatkan strategi mengajar yang sesuai kebutuhan murid.
Baca Juga: Guru Indonesia Wajib Tahu: Prosedur Verifikasi Ijazah PPG 2025 Periode 2 A Resmi Dirilis di Info GTK
Prediksi Soal dan Kunci Jawaban UP UMPPG 2025
1. Ibu Wati mengajar di kelas IV SD. Ia menyadari banyak siswanya masih mengalami kesulitan dalam membaca pemahaman, meskipun materi pelajaran sudah sesuai kurikulum kelas IV.
Jika Ibu Wati ingin menerapkan pendekatan Teaching at the Right Level, tindakan awal yang paling tepat adalah...
A. Melanjutkan materi kelas IV sesuai kurikulum agar target tahunan tercapai
B. Memberikan tugas rumah tambahan agar siswa belajar mandiri
C. Melakukan penilaian diagnostik sederhana untuk mengetahui kemampuan dasar membaca setiap siswa
D. Menasihati siswa agar lebih giat belajar membaca di rumah
E. Mendorong siswa untuk saling membantu dalam kelompok campuran
Jawaban: C. Melakukan penilaian diagnostik sederhana untuk mengetahui kemampuan dasar membaca setiap siswa.
2. Setelah asesmen awal, Pak Dani membagi murid ke dalam tiga kelompok berdasarkan kemampuan berhitung. Untuk mendukung pendekatan TaRL secara efektif, strategi pembelajaran yang paling tepat adalah...
A. Memberikan materi kelas sesuai kurikulum kepada semua kelompok
B. Mengajarkan seluruh materi kelas tinggi agar semua siswa bisa mengejar
C. Menyusun kegiatan pembelajaran yang berbeda sesuai level kemampuan masing-masing kelompok
D. Menggabungkan semua kelompok agar pembelajaran menjadi inklusif
E. Membatasi interaksi antarkelompok agar fokus belajar terjaga
Jawaban: C. Menyusun kegiatan pembelajaran yang berbeda sesuai level kemampuan masing-masing kelompok.
3. Salah satu keunggulan pendekatan Teaching at the Right Level adalah fleksibilitasnya. Pernyataan manakah yang paling mencerminkan prinsip fleksibilitas ini?
A. Guru mengganti materi pelajaran dengan permainan saja
B. Guru secara rutin menyesuaikan kelompok belajar berdasarkan kemajuan belajar siswa
C. Siswa bebas memilih apa pun yang ingin mereka pelajari
D. Guru memusatkan pengajaran pada siswa yang sudah mahir
E. Semua siswa diberi soal yang sama agar adil
Jawaban: B. Guru secara rutin menyesuaikan kelompok belajar berdasarkan kemajuan belajar siswa
4. Apa tantangan utama dalam menerapkan pendekatan TaRL di kelas yang besar dan heterogen?
A. Terlalu banyak siswa yang cerdas sehingga tidak tertantang
B. Guru kesulitan mengontrol kelas karena setiap siswa diberi materi berbeda
C. Membutuhkan asesmen berstandar nasional agar bisa membandingkan hasilnya
D. Siswa lebih memilih bekerja sendiri daripada berkelompok
E. Kurikulum nasional tidak memperbolehkan variasi dalam pembelajaran
Jawaban: B. Guru kesulitan mengontrol kelas karena setiap siswa diberi materi berbeda
5. Pak Budi mengalami kendala saat menerapkan pendekatan TaRL karena tekanan untuk menyelesaikan semua indikator kurikulum. Sikap paling tepat sebagai guru profesional adalah...
A. Mengabaikan pendekatan TaRL dan fokus menyelesaikan silabus
B. Menyampaikan materi secara cepat agar semua tercapai
C. Mencari titik temu antara kebutuhan siswa dan capaian kurikulum melalui modifikasi pembelajaran
D. Menghapus sebagian materi yang sulit agar siswa tidak tertinggal
E. Meminta sekolah untuk mengganti kurikulum
Jawaban: C. Mencari titik temu antara kebutuhan siswa dan capaian kurikulum melalui modifikasi pembelajaran