Soal pertanyaan mana yang tidak termasuk dalam Experiential Learning (Sumber: Dok. Poskota)

Nasional

Inilah Jawaban untuk Pertanyaan Mana yang Tidak Termasuk dalam Experiential Learning, Jawaban PPG 2025

Senin 16 Jun 2025, 10:40 WIB

POSKOTA.CO.ID – Bapak/Ibu Guru sering kali dihadapkan pada soal yang menantang untuk mengidentifikasi prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif dalam rangka Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2025.

Salah satu soal yang muncul dalam Latihan Pemahaman Modul 2 Topik 3 menanyakan tentang aspek mana yang tidak termasuk dalam konsep experiential learning atau pembelajaran berdasarkan pengalaman.

Artikel ini akan mengupas konsep tersebut dan menjelaskan mengapa “yang dilihat dari belajar adalah output” tidak sesuai dengan prinsip experiential learning.

Baca Juga: Kunci Jawaban Cerita Reflektif PPG 2025 Modul 3 Topik 2: Apa Fungsi Pendidikan Nilai di Tengah Fenomena Sosial?

Mengenal Pembelajaran Berdasarkan Pengalaman

Experiential learning merupakan pendekatan pembelajaran yang menempatkan pengalaman langsung sebagai pusat proses belajar. Prinsip utamanya meliputi:

Pendekatan ini menekankan bahwa kualitas proses belajar lebih utama daripada sekadar hasil atau output akhir.

Baca Juga: 5 Tahapan Belajar Mandiri PPG 2025 Guru Tertentu, Wajib Post Test dan Buat Jurnal agar Sukses UKPPG

Mengapa Fokus pada Output Tidak Sesuai

Dalam soal PPG Modul 2 Topik 3 tersebut, terdapat beberapa pernyataan tentang proses belajar.

Di antara pernyataan tersebut, “yang dilihat dari belajar adalah output” dipilih sebagai jawaban yang tidak sesuai dengan konsep experiential learning. Hal ini disebabkan karena:

Baca Juga: Cara Mudah Menyelesaikan Modul 2 PPG 2025: PSE, Latihan Pemahaman, Cerita Reflektif hingga Post Test

Melalui penjelasan tersebut, jelas bahwa pandangan “belajar adalah output” tidak sejalan dengan prinsip pembelajaran yang menekankan pada proses aktif, pengalaman langsung, dan refleksi.

Tags:
gurupembelajaran aktifExperiential Learningkunci jawabanPPG 2025

Muhamad Arip Apandi

Reporter

Muhamad Arip Apandi

Editor