Peserta didik (Sumber: Pinterest/Anastasiahaj)

Nasional

Cara Membangun Lingkungan Positif untuk Peserta Didik dengan Kemampuan yang Beragam

Senin 16 Jun 2025, 17:40 WIB

POSKOTA.CO.ID - Pembentukan lingkungan belajar yang positif dan inklusif bagi siswa dengan latar belakang dan kemampuan yang beragam menjadi faktor penting dalam keberhasilan pendidikan.

Lingkungan yang kondusif, baik di dalam ruang kelas maupun di area sekolah secara keseluruhan, tidak hanya memberikan kenyamanan, tetapi juga menjadi landasan bagi pertumbuhan, kesejahteraan, serta pencapaian akademik dan pribadi siswa.

Berikut ini adalah beberapa pendekatan yang dapat dilakukan oleh guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung bagi semua peserta didik:

1. Menghormati Perbedaan Siswa

Setiap anak memiliki karakteristik unik, mulai dari gaya belajar, tingkat kecerdasan, latar belakang budaya, hingga kebutuhan khusus.

Guru perlu memahami dan menghargai keragaman ini agar dapat memberikan dukungan secara merata dan adil kepada semua siswa.

Baca Juga: Cara Mudah Menyelesaikan Modul 2 PPG 2025: PSE, Latihan Pemahaman, Cerita Reflektif hingga Post Test

2. Pembelajaran yang Dipersonalisasi

Penyesuaian terhadap materi, metode pembelajaran, dan penilaian perlu dilakukan agar sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu. Contohnya:

3. Membangun Budaya Inklusif di Kelas

Lingkungan yang aman dan suportif penting untuk semua siswa. Guru dapat:

4. Memberdayakan Siswa

Libatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran, misalnya:

5. Komunikasi dan Kolaborasi yang Efektif

Jalin kerja sama dengan berbagai pihak, antara lain:

Baca Juga: Kunci Jawaban Modul 3 Topik 3 PPG 2025: Solusi Tuntas Aksi Nyata Kode Etik Guru dan Jurnal Pembelajaran

6. Pemanfaatan Teknologi

Teknologi dapat menjadi alat bantu pembelajaran yang bermanfaat, antara lain:

Itulah strategi dan cara yang bisa diterapkan untuk menciptakan suasana belajar yang positif bagi siswa dengan kemampuan yang beragam.

Tags:
karakteristik unikGuruLingkungan yang kondusifakademik pendidikan lingkungan belajar

Insan Sujadi

Reporter

Insan Sujadi

Editor