POSKOTA.CO.ID - Seiring pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2025 yang tengah berlangsung, para peserta diwajibkan menyusun Cerita Reflektif Modul 3 Topik 1.
Cerita reflektif dalam Program PPG 2025 sendiri bukan sekadar menjawab pertanyaan atau menyusun narasi.
Materi Mengenal Diri Sendiri dalam Modul 3 tersebut menekankan pentingnya guru untuk mampu memahami potensi, nilai hidup, hingga motivasi intrinsik dalam menjalankan profesinya
Untuk itu, kunci jawaban dan panduan reflektif dalam Modul 3 Topik 1 sendiri perlu dipelajari secara sistematis.
Namun perlu ditegaskan bahwa kunci jawaban atau contoh narasi cerita reflektif yang disajikan hanya dimaksudkan sebagai referensi belajar semata.
Tujuan utamanya adalah membantu guru memahami struktur dan esensi penulisan refleksi secara mendalam dan kontekstual.
Setiap peserta tetap disarankan untuk menyusun narasi pribadi yang otentik, berdasarkan pengalaman dan pemahaman masing-masing.
Baca Juga: PPG 2025: Cara Menerapkan CASEL dalam Kelas, Meningkatkan Harmoni dan Motivasi Belajar
Cerita Reflektif
1. Apakah tujuan Bapak/Ibu menjadi guru sudah tercapai?
2. Apa yang Bapak/Ibu harapkan dengan mengikuti mata kuliah Filosofi Pendidikan dan Pendidikan Indonesia ini?
Kunci Jawaban:
1. Tujuan saya menjadi guru belum sepenuhnya tercapai karena menurut saya tujuan menjadi guru adalah membantu siswa belajar untuk menggali potensinya secara optimal dan mampu berkontribusi positif dalam pembentukan karakter, sementara saat ini masih sering saya lihat karakter siswa disekolah memiliki penurunan karakter.
2. Harapan mengikuti mata kuliah Filosofi Pendidikan dan Pendidikan Nilai adalah dapat meninjau kembali niat awal menjadi guru, bisa memaknai dan menghayati diri sendiri sebagai manusia merdeka untuk terus belajar.
Kunci Jawaban Alternatif:
1. Sebagai guru, saya memandang tujuan ini sebagai perjalanan berkelanjutan, bukan titik akhir. Tujuan utama saya adalah melihat siswa tumbuh holistik—tidak hanya pintar, tetapi juga berkarakter dan mandiri.
Saya merasa tujuan ini tercapai setiap kali melihat siswa berbinar saat memahami hal baru, berani berpendapat, atau menunjukkan empati. Saya juga bertujuan menjadi inspirasi dan menciptakan lingkungan belajar positif di mana setiap anak merasa aman dan dihargai. Meskipun belum sepenuhnya sempurna, saya bersyukur telah membuat banyak kemajuan dan terus beradaptasi.
2. Dengan mengikuti mata kuliah Filosofi Pendidikan dan Pendidikan Indonesia ini, saya punya beberapa harapan besar:
Pertama, saya ingin memperdalam pemahaman fondasi filosofis dan historis pendidikan kita. Ini akan memberi konteks lebih kaya mengapa kita mengajar dengan cara tertentu.
Kedua, saya berharap dapat mempertajam visi pribadi saya sebagai pendidik, menyelaraskannya dengan tujuan pendidikan nasional. Ini penting untuk memastikan praktik saya relevan dan berdampak.
Ketiga, saya ingin mengembangkan kemampuan berpikir kritis terhadap sistem pendidikan yang ada, serta menemukan inspirasi untuk inovasi yang lebih baik di kelas.
Akhirnya, saya berharap mata kuliah ini akan memperbaharui semangat dan motivasi profesional saya, mengingatkan kembali akan mulianya profesi ini dalam membentuk masa depan bangsa.
Baca Juga: Kunci Jawaban 10 Soal Modul 1 Topik 3 PPG 2025, Cek Informasi Terbarunya
Kunci Jawaban Alternatif:
1. Sebagian dari tujuan saya menjadi guru sudah mulai tercapai, terutama ketika melihat murid-murid saya mulai tumbuh menjadi pribadi yang lebih percaya diri, berkarakter, dan berpengetahuan.
Namun, saya menyadari bahwa menjadi guru bukanlah tujuan yang selesai dalam satu titik, melainkan proses panjang yang terus berkembang.
Saya masih memiliki harapan untuk lebih menginspirasi, membimbing dengan lebih sabar, dan menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi setiap anak. Jadi, meskipun sebagian telah tercapai, perjalanan saya sebagai guru masih terus berjalan.
2. Saya berharap melalui mata kuliah ini, saya dapat memperdalam pemahaman tentang hakikat pendidikan secara filosofis dan menemukan kembali akar-akar nilai pendidikan Indonesia yang sejati.
Saya ingin menjadi guru yang tidak hanya mengajar, tetapi juga memahami esensi mendidik: membentuk manusia seutuhnya.
Selain itu, saya ingin mampu merefleksikan kembali praktik mengajar saya berdasarkan landasan filosofis yang kuat, agar setiap tindakan dalam kelas memiliki makna, bukan hanya rutinitas.
Melalui Modul 3 Topik 1 PPG 2025 ini, guru diajak untuk lebih jujur dan terbuka dalam menilai perannya selama ini.
DISCLAIMER: Kunci jawaban disajikan dalam artikel ini disusun semata-mata sebagai bahan referensi dan pembelajaran bagi para guru yang tengah mengikuti program PPG 2025.
Selain itu, perlu digarisbawahi, jawaban yang ditampilkan bukanlah jawaban mutlak atau resmi dari penyelenggara PPG 2025.