Kunci Jawaban Refleksi Modul 1 Topik 3 PPG Guru Tertentu 2025

Rabu 11 Jun 2025, 13:00 WIB
Kunci Jawaban Refleksi Modul 1 Topik 3 PPG Guru Tertentu 2025 (Sumber: Dok/PPG 2025)

Kunci Jawaban Refleksi Modul 1 Topik 3 PPG Guru Tertentu 2025 (Sumber: Dok/PPG 2025)

POSKOTA.CO.ID - Peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Tahun 2025 wajib menyelesaikan serankaian soal yang disediakan di platform Ruang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) termasuk soal Modul 1 Topik 3.

Topik ini berfokus pada materi yang meningkatkan pemahaman guru ketika menerapkan pendekatan Teaching at The Righ Level (TaRL) dalam proses pembelajaran.

Terdapat 10 soal pilihan ganda yang menguji sejauh mana pemahaman peserta terhadap materi yang diberikan.

Berikut adalah kunci jawaban Modul 1 Topik 3 PPG 2025 untuk Guru Tertentu

Baca Juga: Contoh Soal dan Kunci Jawaban UP PPG PAI 2025

Soal dan Kunci Jawaban Modul 1 Topik 3 PPG Guru

  1. Makna yang paling menggambarkan pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah...

A. Pembelajaran sesuai dengan tingkatan kelas peserta didik

B. Pembelajaran sesuai dengan usia peserta didik

C. Pembelajaran sesuai dengan kemampuan awal peserta didik yang beragam

D. Pembelajaran sesuai dengan latar belakang budaya peserta didik

E. Pembelajaran sesuai denagn kepribadian peserta didik

Jawaban: C

2. Tujuan dilakukannya asesmen awal pada pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah...

A. Mendapatkan data kepribadian peserta didik

B. Mendapatkan data kemampuan awal peserta didik

C. Mendapatkan data keluarga peserta didik

D. Mendapatkan data minat dan bakat peserta didik

E. Mendapatkan data prestasi peserta didik

Jawaban: B

3. Hal yang perlu dipertimbangkan oleh guru ketika merancang aktivitas pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah...

A. Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang memiliki kemampuan kurang

B. Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang memiliki kemampuan sedang

C. Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang memiliki kemampuan cepat

D. Aktivitas dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang beragam

E. Aktivitas dapat dirancang tanpa mempertimbangkan  kemampuan peserta didik

Jawaban: D

4. Berikut ini merupakan hal yang perlu dilakukan guru pada persiapan rencana asesmen awal, kecuali...

A. Melakukan identifikasi karakteristik peserta didik

B. Melakukan identifikasi latar belakang keluarga peserta didik

C. Merencanakan bentuk asesmen yang diberikan

D. Merencanakan jadwal, lokasi, dan waktu asesmen

E. Merancang instrumen asesmen penilaian sesuai capaian pembelajaran

Jawaban: B

5. Ketika merancang pembelajaran, guru dapat melakukan diferensiasi pada proses, konten, dan produk. Diferensiasi yang dipilih pada penerapan pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah...

A. Diferensiasi proses saja, diferensiasi konten dan diferensiasi produk tidak mungkin digunakan

B. Diferensiasi konten saja, diferensiasi proses dan diferensiasi produk tidak mungkin digunakan

C. Diferensiasi produk saja, diferensiasi proses dan diferensiasi konten tidak mungkin digunakan

D. Semua jenis diferensiasi pembelajaran dapat digunakan tapi tidak dapat digunakan semua dalam satu pembelajaran

E. Semua jenis diferensiasi pembelajaran dapat digunakan, akan tetapi pemulihannya disesuaikan dengan kebutuhan

Jawaban: E

6. Hasil asesmen kognitif awal dapat digunakan guru untuk hal-hal berikut ini, kecuali...

A. Menentukan tujuan pembelajaran Informasi penting disajikan secara kronologis

B. Menentukan pengelompokan peserta didik

C. Menentukan aktivitas pembelajaran

D. Menentukan media pembelajaran

E. Menentukan sumber belajar

Jawaban: A

7. Pak Panji akan mengajarkan sebuah topik baru kepada peserta didiknya, namun ia belum mengetahui sejauh mana peserta didik menguasai materi prasyaratnya. Hal yang perlu dilakukan Pak Panji adalah...

A. Melakukan wawancara pada beberapa peserta didik terkait pengalaman belaajr terkait topik prasyarat ini

B. Merencanakan pelaksanaan asesmen awal untuk mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik

C. Meminta data pada pihak sekolah terkait minat dan bakat peserta didik

D. Mempersiapkan kegiatan pembelajaran sambil mengira-ngira kebutuhan peserta didik

E. Langsung mengajar dan melakukan improvisasi di tempat ketika menemukan adanya perbedaan kemampuan peserta didik

Jawaban: B

8. Sebagai guru, Ibu Dewi menyadari bahwa peserta didiknya memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, ia mengelompokkan peserta didik sesuai dengan kemampuannya. Namun, pada pelaksanaannya, ia mengalami kesulitan karena begitu banyak pertanyaan yang muncul dari setiap kelompok. Hal yang perlu dilakukan Ibu Dewi adalah...

A. Memberikan bantuan pada setiap peserta didik secara bergiliran dan meminta peserta didik untuk saling menunggu giliran

B. Memfasilitasi peserta didik untuk dapat saling berkolaborasi dan bertukar pengetahuan sehingga mereka dapat membantu satu sama lain dan mengkonfirmasi pemahamannya pada guru

C. Meminta peserta didik untuk bekerja sebisanya terlebih dahulu baru nanti dijelaskan secara umum

D. Semua benar

E. Semua salah

Jawaban: B

9. Diberikan langkah-langkah berikut ini:

1) Menentukan tujuan pembelajaran

2) Melakukan asesmen awal kemampuan awal

3) Melakukan asesmen sumatif

4) Merancang kegiatan pembelaajran

5) Mempersiapkan sistem pendukung pembelajaran

Alur/tahapan yang perlu dilakukan oleh guru untuk merencanakan pembelajaran berbasis TaRL adalah...

A. 1-2-4

B. 1-3-5

C. 4-3-2

D. 1-2-3

E. 3-4-5

Jawaban: A

10. Ibu Diaz melaksanakan pembelajaran pada topik perkalian. Ia mendapati bahwa sebagian peserta didik kesulitan mengikuti pembelajaran karena kurang menguasai meteri prasyaratnya. Sebaliknya, sebagian peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan mudah. Berikut ini langkah yang perlu dilakukan Ibu Diaz pada pembelajaran berikutnya untuk mengatasi masalah tersebut, kecuali...

A. Mengembangkan diferensiasi konten

B. Mendesain diferensiasi kegiatan pembelajaran

C. Menerapkan asesmen awal kognitif

D. Merumuskan diferensiasi asesmen formati

E. Merumuskan diferensiasi produk/proyek

Jawaban: C


Berita Terkait


News Update