POSKOTA.CO.ID - Pengguna aplikasi pembiayaan digital Kredivo belakangan mengeluhkan kendala teknis.
Keluhan ini sendiri muncul secara masif di berbagai platform media sosial, mulai dari X (sebelumnya Twitter), Instagram, hingga forum-forum komunitas keuangan digital.
Beberapa pengguna melaporkan aplikasi tertahan di tampilan awal (splash screen), sebagian lainnya menyebut layar hanya menampilkan tampilan putih kosong (blank screen).
Bahkan, tidak sedikit pula yang menyebutkan langsung dikeluarkan (logout) secara otomatis.
Jika Anda mengalami hal serupa hari ini, Sabtu, 7 Juni 2025 tidak perlu panik terlebih dahulu.
Untuk itu, penting bagi setiap pengguna Kredivo memahami beberapa penyebab umum aplikasi tidak dapat digunakan dan langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya dengan cepat dan tepat.
Baca Juga: Limit Pindar Kredivo Otomatis Naik dengan Mudah, Begini Caranya
Hal-hal yang Perlu Dicek saat Kredivo Tidak Bisa Dibuka
Dilansir dari kanal YouTube Fintech ID, pada Jumat, 7 Juni 2025, berikut lima poin penting yang wajib dicek.
1. Periksa Jadwal Maintenance Sistem Kredivo
Salah satu penyebab paling umum mengapa aplikasi Kredivo tidak bisa digunakan adalah karena adanya perawatan sistem atau maintenance berkala.
Ini merupakan proses rutin yang dilakukan oleh tim teknis untuk memastikan aplikasi tetap aman, stabil, dan optimal digunakan.
Biasanya, proses maintenance dilakukan pada dini hari, sekitar pukul 02.00 hingga 06.00 WIB, saat trafik pengguna sedang rendah.
Selama proses ini, pengguna mungkin mengalami kendala saat membuka aplikasi atau bahkan tidak bisa login sama sekali.
Jika kendala ini terjadi di jam-jam tersebut, tunggu saja beberapa saat. Setelah sistem kembali normal, aplikasi akan dapat digunakan kembali seperti biasa.
2. Cek Apakah Aplikasi Sudah Di-update ke Versi Terbaru
Penyebab berikutnya yang tak kalah sering terjadi adalah karena pengguna belum memperbarui aplikasi Kredivo ke versi terbaru.
Banyak pengguna tidak sadar bahwa versi lama bisa menyebabkan aplikasi menjadi tidak stabil bahkan tidak bisa digunakan.
Pembaruan (update) biasanya dilakukan oleh Kredivo untuk mengatasi bug atau celah keamanan dan menyesuaikan dengan sistem operasi terbaru Android/iOS.
Lebih lanjut, bisanya Kredivo akan menambahkan fitur-fitur baru, serta memperbaiki tampilan atau performa aplikasi
Solusinya, masuk ke Google Play Store (Android) atau App Store (iOS), lalu cari aplikasi Kredivo.
Jika ada tombol "Update", segera lakukan pembaruan. Setelah itu, restart perangkat Anda dan coba buka kembali aplikasi Kredivo.
Baca Juga: Apa yang Terjadi usai Hapus Akun Pindar Kredivo? Cek di Sini
3. Koneksi Internet Tidak Stabil
Seringkali, pengguna mengira aplikasi bermasalah padahal yang terjadi hanyalah gangguan koneksi internet.
Kredivo membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil agar bisa terhubung dengan server mereka.
Gejala dari koneksi internet yang buruk antara lain aplikasi hanya menampilkan logo, proses login terhenti di tengah jalan atau muncul pesan “tidak dapat terhubung ke server”.
Pastikan Anda menggunakan koneksi internet yang stabil. Coba ganti dari Wi-Fi ke data seluler, atau sebaliknya.
Jika perlu, aktifkan mode pesawat selama 10 detik lalu aktifkan kembali jaringan Anda.
4. Aktivitas Mencurigakan Bisa Menyebabkan Akun Diblokir
Pernah melakukan transaksi besar dalam waktu singkat? Atau pernah mencoba login dari dua perangkat yang berbeda?
Jika iya, bisa jadi akun Anda diblokir sementara oleh sistem Kredivo untuk alasan keamanan.
Aktivitas mencurigakan yang bisa menyebabkan pemblokiran antara lain yakni, pembelian barang mahal seperti emas secara tiba-tiba hingga login dari lokasi yang tidak biasa
Apabila Anda merasa tidak melakukan hal-hal di atas namun tetap tidak bisa login, segera hubungi Customer Service Kredivo melalui email resmi atau call center.
5. Dugaan Percobaan Peretasan atau Akses Ilegal
Dalam beberapa kasus, sistem keamanan Kredivo mendeteksi adanya upaya peretasan terhadap akun pengguna.
Saat terdeteksi adanya login mencurigakan atau upaya akses tidak sah, akun akan diblokir secara otomatis untuk mencegah penyalahgunaan data dan saldo pengguna.
Ciri-cirinya antara lain, Anda mendapat notifikasi login dari perangkat tak dikenal, atau tiba-tiba tidak bisa mengakses akun padahal tidak merasa melakukan kesalahan, serta ada permintaan verifikasi OTP yang mencurigakan
Langkah-langkah yang bisa dilakukan, segera ganti password dan PIN Kredivo, aktifkan fitur keamanan tambahan bila tersedia dan laporkan masalah ke CS Kredivo.
Pastikan, jangan pernah membagikan OTP ke siapa pun, termasuk yang mengaku dari Kredivo