POSKOTA.CO.ID – Menulis karya ilmiah sering kali memerlukan daftar pustaka yang rapi dan konsisten.
Untuk mempermudah proses sitasi dan penyusunan referensi, banyak peneliti dan mahasiswa menggunakan Mendeley, aplikasi manajemen referensi yang bisa langsung diintegrasikan ke Microsoft Word.
Dengan plugin Mendeley, kamu bisa menambahkan sitasi dan daftar pustaka secara otomatis hanya dalam beberapa klik.
Berikut panduan lengkap cara menginstal Mendeley ke Word dan menggunakannya untuk mempercepat pembuatan referensi atau daftar pustaka:
Baca Juga: Mudah Saja! Ini Cara Menghapus Orang di Foto Tanpa Aplikasi, Simak Tutorialnya!
Apa itu Mendeley?
Mendeley adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola referensi, melakukan sitasi otomatis, dan berbagi makalah penelitian dengan rekan peneliti.
Dengan Mendeley, maka daftar pustaka kamu akan jauh lebih tertata dan rapi serta mudah dicari.
Baca Juga: Tutorial Ganti Sandi Google yang Lupa dengan Mudah Tanpa Kendala!

Cara download Mendeley dan instal ke Word
1. Unduh aplikasi Mendeley Desktop dan install di laptop kamu
2. Buka aplikasi Mendeley dan klik "Tools" lalu "Install MS Word Plugin
3. Mendeley akan mendeteksi aplikasi Word yang terinstal di komputer Anda
4. Plugin Mendeley Cite akan terinstal di Word.
Baca Juga: Tutorial Praktis! Begini Cara Membuat Akun Instagram Baru dengan Mudah
Gunakan Mendeley di Word
1. Buka dokumen Word yang ingin kamu edit
2. Pada tab "References", kamu akan melihat ikon Mendeley
3. Klik ikon Mendeley untuk membuka panel Mendeley Cite
4. Gunakan panel Mendeley Cite untuk mencari dan menambahkan referensi ke dokumen Anda
5. Untuk menambahkan sitasi, klik tombol "Insert Citation"
6. Untuk menambahkan bibliografi, klik tombol "Insert Bibliography”.
Demikian informasi mengenai Mendeley.