Penagihan dari debt collector (DC) pinjaman online (pinjol) di media sosial saat terherat galbay. (Pexels)

EKONOMI

Diserang DC Pinjol di Facebook dan Instagram? Simak Tips Jitu Mengatasi Penagihan di Media Sosial Saat Galbay

Minggu 27 Okt 2024, 06:01 WIB

POSKOTA.CO.ID - Penagihan dari debt collector (DC) pinjaman online (pinjol) di media sosial seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi banyak pengguna yang terjerat gagal bayar (galbay).

Kondisi galbay ini membuat DC pinjol melakukan penagihan, mereka kerap menempuh berbagai cara, termasuk memanfaatkan platform seperti Facebook, Instagram, atau media sosial lainnya.

Hal ini bisa berdampak buruk, tidak hanya pada privasi, tetapi juga pada psikologis nasabah galbay pinjol dan orang-orang terdekat. 

Pasalnya, DC pinjol juga tak akan segan-segan menyerang pesan melalui direct massage (DM) kepada nasabah dan teman terdekat.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada langkah-langkah pencegahan dan perlindungan agar bisa lebih siap serta terlindungi dari tindakan tidak etis yang dilakukan oleh DC lapangan.

Dikutip Poskota dari kanal YouTube Fintech Id, berikut adalah beberapa tips jitu untuk menghadapi penagihan di media sosial, melindungi privasi, serta menjaga kesehatan mental Anda dari seragan DC pinjol.

Mengapa DC Pinjol Menagih di Media Sosial?

Pinjol sering menggunakan media sosial untuk menekan peminjam yang galbay dengan menagih di platform ini, mereka berharap dapat memanfaatkan rasa malu dan tekanan sosial sebagai alat untuk memaksa peminjam segera melunasi pinjaman. 

Beberapa modus yang sering dilakukan DC pinjol di media sosial yang perlu Anda ketahui diantaranya ialah sebagai berikut.

Langkah-langkah tersebut sering dilakukan untuk menekan nasabah galbay pinjol secara sosial, sehingga kita merasa malu dan terpaksa membayar. 

Tips Jitu Mengatasi Penagihan di Media Sosial

Berikut adalah beberapa langkah efektif yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi penagihan di media sosial saat kondisi galbay pinjol

1. Atur Privasi Akun Media Sosial

Untuk mengurangi risiko pinjol mengakses media sosial, pastikan pengaturan akun dalam kondisi privat.

Dengan akun privat, pihak luar tidak dapat melihat postingan, daftar teman, atau melakukan interaksi tanpa izin. 

Langkah ini bisa dilakukan dengan membatasi komentar dan interaksi dari orang-orang yang bukan teman Anda di media sosial.

2. Pilih-Pilih dalam Menerima Pertemanan

Jangan sembarangan menerima permintaan pertemanan dari orang yang tidak dikenal. Pada kondisi ini, debt collector dapat menyamar dengan membuat akun palsu dan mengirim permintaan pertemanan. 

Hanya terima pertemanan dari orang yang benar-benar dikenal untuk menjaga keamanan privasi. Jika ada permintaan pertemanan mencurigakan, sebaiknya abaikan atau blokir akun tersebut.

3. Ubah Email atau Nomor Telepon pada Akun Media Sosial

Banyak pengguna mendaftar akun pinjol dengan nomor telepon atau email yang sama dengan yang digunakan di media sosial. Hal ini bisa mempermudah pinjol untuk menemukan akun kita. 

Cobalah untuk menggunakan email dan nomor hp berbeda antara media sosial dan akun pinjol. Jika email atau nomor hp sudah terlanjur sama, pertimbangkan untuk menggantinya demi keamanan.

Dengan memisahkan informasi antara pinjol dan media sosial, akan lebih sulit bagi debt collector untuk menemukan akun Anda.

4. Blokir dan Laporkan Akun yang Mengganggu

Jika Anda menemukan akun yang melakukan intimidasi atau tindakan kurang pantas, jangan ragu untuk memblokir dan melaporkan akun tersebut. 

Sebagian besar media sosial memiliki fitur pelaporan dan pemblokiran, sehingga Anda bisa menghindari interaksi yang tidak diinginkan.

5. Tetap Tenang dan Hindari Panik

Saat menghadapi tekanan seperti ini, tetaplah tenang dan hindari panik. Emosi yang tidak terkontrol bisa membuat situasi terasa lebih berat. 

Ingatlah bahwa setiap masalah pasti memiliki solusi, dan menjaga ketenangan adalah langkah awal untuk menghadapi masalah secara lebih rasional.

6. Pertimbangkan untuk Vakum dari Media Sosial Sementara Waktu

Apabila Anda merasa tekanan dari media sosial sudah terlalu besar, tidak ada salahnya untuk vakum sejenak dari media sosial. 

Langkah ini bisa membantu mengurangi stres dan memungkinkan Anda untuk fokus menyelesaikan masalah finansial tanpa gangguan.

7. Tingkatkan Keamanan Media Sosial

Beberapa pengaturan tambahan bisa membantu meningkatkan keamanan akun, seperti mengaktifkan verifikasi dua langkah, mengganti password secara berkala, dan menghindari penggunaan password yang mudah ditebak. 

Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat meminimalkan risiko akun diretas atau diakses oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dampak Penagihan Pinjol di Media Sosial 

Penagihan di media sosial dapat berdampak buruk secara psikologis, terutama ketika debt collector mulai menghubungi teman atau keluarga. 

Rasa malu, perasaan ditekan, dan stigma dari lingkungan sosial dapat memperparah kondisi mental seseorang.

Untuk mengatasi dampak ini, cobalah untuk tetap menjaga komunikasi dengan teman dan keluarga, terutama jika ada orang yang ikut terlibat.

Jelaskan situasi secara terbuka dan jujur sehingga pihak pinjol dapat memahami kondisi yang sedang Anda hadapi.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa mencari bantuan hukum atau menghubungi pihak terkait yang bisa membantu menyelesaikan masalah pinjaman online secara legal. 

Sebagian besar negara memiliki regulasi terkait praktik penagihan yang etis, sehingga Anda bisa menindaklanjuti masalah ini secara hukum.

Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam menghadapi situasi sulit galbay pinjol dengan lebih bijak.

Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News  dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp  Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari.

Tags:
dc pinjolGalbay Pinjolpinjaman-onlinedebt collectordebt collector pinjol

Mutia Dheza Cantika

Reporter

Mutia Dheza Cantika

Editor