JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - BlockBerry Creative resmi mengumumkan penundaan comeback LOONA yang rencananya dijadwalkan pada 3 Januari 2023 mendatang.
Kabar pengumuman penundaan comeback LOONA disampaikan agensi melalui pernyataan yang dirilis melalui fancafe LOONA.
Pada pernyataan yang dirilis, Kamis (22/12/2022), BlockBerry Creative menyampaikan permintaan maaf kepada para penggemar LOONA atau yang akrab disapa Orbit karena telah menimbulkan kekhawatiran dengan berbagai peristiwa yang terjadi.
"Kami ingin menyampaikan permintaan maaf kami karena menimbulkan kekhawatiran pada Orbit karena berbagai masalah yang terkait dengan agensi kami. Kami juga dengan tulus meminta maaf karena menyebabkan kelelahan pada publik yang menyaksikan (situasi ini)," ujar BlockBerry Creative, dikutip Allkpop.
"Setelah mempertimbangkan komentar dan opini dari Orbits serta banyak lainnya, agensi telah menyimpulkan bahwa tidak ada artinya melanjutkan comeback LOONA ketika banyak kekhawatiran tentang para anggota masih belum terselesaikan," sambungnya.
Sehingga, BlockBerry Creative memutuskan untuk menunda perilisan album LOONA yang bertajuk The Origin Album [O] hingga batas waktu yang tidak ditentukan.
BlockBerry Creative juga mengatakan bahwa waktu penundaan comeback LOONA akan digunakan untuk menjelaskan posisi agensi terkait rangkaian masalah kepada penggemar LOONA.
Pihak agensi menuturkan bahwa pembentukan LOONA merupakan proyek yang panjang dan membutuhkan biaya yang besar.
"Proyek LOONA adalah hasil dari berbagai upaya yang dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Karena fakta bahwa proyek itu sendiri memiliki skala dan durasi yang jauh lebih besar dibandingkan dengan grup idola biasa, dan bahwa proyek tersebut membutuhkan investasi dan pendanaan yang signifikan, berkali-kali setelah peluncuran grup, kami menghadapi saat-saat di mana upaya besar dilakukan. proyek tidak terlihat dalam hasil akhir," tutur agensi.
"Bahkan setelah proyek LOONA direncanakan dan diluncurkan, agensi membutuhkan dana yang sangat besar untuk menopang grup, lebih dari yang tersedia untuk perusahaan berukuran relatif kecil; namun, agensi tetap percaya bahwa adalah tugas agensi untuk menangani semua biaya," lanjutnya.
Akan tetapi, balik itu semua, ada banyak masalah yang terjadi termasuk kesalahpahaman dan asumsi yang salah hingga seputar pembayaran untuk artis.
Sehingga, hal tersebut membuat BlockBerry Creative merasa menyesal kepada seluruh anggota LOONA karena girl group tersebut tidak memperoleh keuntungan yang cukup besar sejak debut.
Kemudian, BlockBerry Creative mulai menemukan secercah harapan untuk LOONA di tahun 2022. Namun, harapan BlockBerry Creative bertentangan dengan salah satu anggota LOONA, Chuu yang perilakunya mulai berubah.
Oleh sebab itu, BlockBerry Creative memutuskan untuk mengambil tindakan dengan alasan melindungi LOONA.
"Agensi berharap agar semua anggota LOONA melanjutkan aktivitas mereka bersama, tetapi sayangnya, salah satu mantan anggota tidak sesuai harapan kami dan menunjukkan perubahan sikap," kata BlockBerry Creative.
"Dengan demikian, untuk memperhitungkan risiko yang terkait dengan investasi besar yang dilakukan dalam mempertahankan grup, serta untuk memperhitungkan masa depan tim, agensi berusaha untuk mengubah beberapa aspek kontrak eksklusif para anggota dengan persetujuan mereka, semuanya dengan cara yang sama. upaya untuk melindungi LOONA. Namun, seperti yang Anda ketahui, kami tidak menemui hasil yang baik," imbuhnya.
Terlepas dari kegagalan dan keberhasilan sepanjang jalan dalam pembentukkan dan manajemen LOONA sebagai agensi kecil, pihaknya menyebutkan bahwa mereka bangga karena telah membentuk LOONA yang telag menandai tonggak sejarah K-pop.
Kendati demikian, BlockBerry Creative menegaskan bahwa pihaknya akan tidak akan berhenti untuk melindungi LOONA dan memenuhi impian para anggota.
"Diakui, rangkaian kejadian baru-baru ini pada akhirnya adalah hasil dari ketidakmampuan lembaga kami. Namun, meskipun demikian, kami tidak akan berhenti dalam upaya kami untuk melindungi LOONA dan memenuhi impian para anggota," kata BlockBerry Creative.
"Kami tahu betul bahwa kami tidak dapat mencapai impian ini tanpa Orbit di pihak kami," sambungnya.
Selain itu, BlockBerry Creative meminta kepada para penggemar untuk mendukung LOONA.
"Sekali lagi, kami dengan tulus meminta maaf kepada para penggemar, dan kami memohon agar kalian mendukung impian dan masa depan LOONA yang masih berlaku," ujar BlockBerry Creative.
Sebelumnya, pada 25 November lalu BlockBerry Creative mengumumkan kabar bahwa Chuu telah dikeluarkan dari LOONA. Tindakan ini dilakukan BlockBerry Creative karena Chuu menyalahgunakan kekuasaan dengan berlaku kasar terhadap staf agensi.
Tak lama dari pengumuman tersebut, Chuu kemudian buka suara tentang kasus pengeluarannya dari LOONA melalui media sosial Instagram miliknya.
Kemudian, Dispatch membagikan detail konflik antara Chuu dan BlockBerry Creative. Usai Chuu dikeluarkan dari LOONA, para penggemar menyerukan boikot comeback LOONA. Dalam hal ini menyebabkan penjualan pre-order comeback turun sebanyak 98 persen.