EKSISTENSI mobil segmen Multi-Purpose Vehicle (MPV) tetap berkibar dan tak tergoyahkan hingga detik ini. Padahal, dalam beberapa tahuh terakhir, mobil segmen city car semacam Toyota Yaris, Jazz, Brio, Etios atau konsep mobil ramah lingkungan (LCGC) terus menggembosi pasar mobil MPV tersebut, khususnya low multi purpose vehicle (LMPV). Jika terjadi penurunan penjualan mobil di segmen MPV, itu bukan disebabkan gempuran city car tetapi lebih karena persaingan dari segmen yang sama. Toyota Avanza misalnya, sempat mengalami penurunan penjualan selama Maret lalu terkait hadirnya kompetitor seperti Suzuki Ertiga, Nissan Evalia atau Chevrolet Spin. Berdasarkan data Toyota Astra Motor (TAM), pada Maret 2013, penjualan Avanza sebanyak 14.333 unit, atau turun 14,4 persen jika dibanding penjualan Februari 16.760 unit. Penjualan pada Maret lalu juga mengalami penurunan, yakni 17,4 persen jika dibanding penjualan waktu yang sama tahun 2012 sebanyak 17.364 unit. Demikian juga di bulan Agustus lalu, jumlah penjualan Avanza terjual 14.355 unit. Diyakini, pasar Avanza yang disebut-sebut sebagai mobil sejuta umat karena memang banyak dibeli publik, tergerus oleh pasar Suzuki Ertiga sebagai kompetitor Avanza. Pada bulan yang sama, mobil Ertiga berhasil terjual sebanyak 45 ribu unit. MOBIL KELUARGA Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa mobil city car atau mobil dengan konsep ramah lingkungan (low cost green car), tak berpengaruh sigifikan terhadap penjualan mobil berbasis MPV, khususnya mobil multifungsi murah (LMPV) seperti Avanza, Xenia atau Ertiga maupun Evalia. Hanya saja, pasar konsumen mobil MPV berpindah membeli mobil MPV lain dari merek berbeda. Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor, Rahmat Samulo, beberapa waktu lalu, juga menegaskan hal tersebut. Mobil Agya hadir untuk mereka yang naik kelas dari yang biasanya naik motor. Selain itu, Agya juga dijadikan sebagai mobil kedua dan seterusnya. Karena itu, dalam beberapa tahun ke depan eksistensi mobil berbasis MPV, khususnya LMPV seperti Avanza yang hadir sejak 2004, belum akan meredup. Pasarnya sangat jelas, yakni mobil keluarga yang sangat dibutuhkan tak saja untuk kepentingan keluarga, tetapi juga menunjang bisnis sehari-hari. (ian/ak)
Otomotif Lama
Pasar MPV Tidak Tergoyahkan
Kamis 31 Okt 2013, 05:06 WIB